Welcome back to my blog arybyan

Penggantian part dalam modifikasi



Ary> Mumpung ada waktu senggang kita curhat yuk ....!! Buat penghobby roda dua
Di era  yang serba modifikasi sekarang ini “Apapun dimodifikasi demi kepuasan batin” banyak pengguna / penghobby kendaraan roda dua sebut saja “motor” eeiits bukan sebut saja “bunga” ya sobb..hehehe.

Apa sih Modifikasi itu???

Bagi anda yang belum tahu apa itu modifikasi, Modifikasi yaitu merubah atau merombak suatu tampilan dari standard menjadi lebih sesuai keinginan pemilik.Karena hasrat ketidak puasan mereka mungkin terhadap tampilan motor bawaan pabrik yang kurang eyecatching katanya. Sehingga banyak pemilik roda dua yang merombak kuda besinya ,bahkan tak jarang ada juga yang langsung di modif padahal baru turun dari dealer hanya untuk mengejar supaya tampil beda, unik dan pastinya nambah keren.
Selera orang dalam hal modifikasi itu bermacam – macam, ragam aliran modifikasi motor ternyata banyak sekali . Ada yang suka berbau klasik , modif simple hingga extrim dan bahkan ada yang ikut -ikutan modifikasi sesuai jaman atau kalau anak sekarang menyebutnya biar kekinian kata orang sunda mah “ Motor aing kumaha aing ” .

Tak ada batasan jenis motor ( dari motor tempo dulu / jadhul , bebek , matic , sport cross )dan usia pemilik ( dari pelajar sampai orang dewasa / org tua ) pasti berkeinginan untuk modifikasi tungganganya .Hampir kita jumpai ketika kita berkendara di jalan bersliweran motor motor yang sudah di modif atau saat kita mengunjungi bengkel variasi dan terpampang di display contoh hasil motor yang sudah full modifikasi yang dapat membuat para pengunjung nya teracuni otaknya.

Ngomong – ngomong soal budget dalam hal modifikasi tidak lah sedikit dan bisa membuat kanker (Kantong Kering) kata orang jawa mah “ Ragate Pacarmu Iseh Larang Ragate Motor ku “. Heheheheh.....Tapi mau gimana lagi nama nya hobby apapun dilakukan untuk memenuhi hasrat kepuasan batin, mereka menyebutnya itu seni.
Cukup sampai di situ basa basinya ,langsung saja kita lanjut ke materi, ceeeilehh materi kayak di kampus aja...

Kali ini saya akan membahas mengenai penggantian part ori dengan part variasi / racing.
Berikut part-part yang pada umum nya di ganti :
1.       Knalpot
2.       Ban
3.       Stang
4.       Body
5.       ECU / CDI
6.       Spion
7.       Footstep

Segala sesuatu yang dirubah atau di modif pasti ada Kelebihan dan Kekuranganya.

1.       Penggantian Knalpot Standar menjadi Freeflow / racing / bobokan.
Sering kita jumpai maraknya penggunaan knalpot racing di jalan dengan suara khas knalpot racing yang ketika di geber meraung-raung membuat motor terkesan garang.
Kelebihan
·         Menambah torsi dan hp (acceleration dan top speed )baik 2 tak dan 4 tak
Kekurangan
·         Suara bising di telinga
·         Mempercepat keausan komponen jeroan mesin jika tidak dilakukan penyetelan yang pas
·         Menjadi inceran pak polisi.

2.       Penggantian Ban Cacing VS Ban tapak lebar
Ban cacing
Kelebihan
·         Lebih enteng dapat meningkatkan performa motor pada drag race
Kekurangan
·         Grip ban ke permukaan aspal jadi berkurang
·         Mempercepat kerusakan pada velg , jari-jari , dan bearing
·         Bahaya saat musim ujan grip menjadi licin
·         Sama sekali tidak disarankan pakai ban cacing dalam keseharian
Ban tapak lebar
Kelebihan
·         Motor terkesan gagah
·         Laju motor lebih stabil jika saat melaju kencang
Kekurangan
·         Efek jangka panjang rem cepat aus
·         Bushing arm cepat oblak
·         Rantai keteng bernyanyi
·         Gear dan rantai cepat aus

3.       Penggantian stang jepit / Baplang

Kelebihan
·         Dengan stang jepit motor terlihat lebih sporty
·         Stang baplang membuat pengendara terkesan gagah
Kekurangan
·         Mengurangi kenyamanan berkendara
·         Sulit untuk bermanuver Jika ditekuk secara berlebihan stang jepit
·         Stang baplang sulit lolos dari kemacetan
·         Bahaya jika mengenai pengendara lain karen ukuran panjangnya

4.       Penggantian Body fairing pada sport naked

Kelebihan
·         Cara hemat bagi yang gak kuat beli sport fairing maka beli sport naked di sarungin
·         Membuat aura motor lebih sporty
Kekurangan
·         Kotoran menumpuk di sekitar radiator
·         Baut sering kendor dan menimbulkan bunyi berisik pada body jika pemasangan kurang baik
·         Tampak wagu jika pemilihan fairing kurang tepat

5.       Penggantian ECU/CDI
Kelebihan
·         Meningkatkan power motor
Kekurangan
·         Konsumsi bbm lebih boros

6.       Penggantian spion dengan spion kecil / mungkin dilepas
Kekurangan
·         Membuat susah melihat ke arah belakang masa iya mau nengok kebelakang saat berkendara bahaya...
·         Inceran pak polisi


7.      Penggantian footstep dengan underbond racing
Kelebihan
·         Penampilan motor lebih sporty
·         Posisi duduk lebih nyaman
·         Tingkat kepedean meningkat saat tikungan
Kekurangan
·         Kaki lebih terasa cepat pegal atau capek
·         Part mudah patah jika kecelakaan
·         Rem kurang menggigit jika masih menggunakan tromol

Sekian curhatan mengenai penggantian part dalam modifikasi.
Terimakasih sudah mampir dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar